Kapolres Simalungun Fokus Pengamanan AWG ON CITES AND WE

Simalungun– IvoryNews.co.id
 
Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberti Panjaitan yang baru saja dilantik menggantikan pejabat Kapolres sebelumnya AKBP Yofie Girianto Putro harus langsung fokus dalam melaksanakanakan pengamanan kegiatan pertemuan ASEAN Working Group on Cites and Wildlife Enforcement (AWG on CITES and WE). 
 

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Rabu tanggal 05 April 2017 sekira pkl 09.00 Wib bertempat di Hotel Niagara Parapat Kec. Girsip Bolon.

Pertemuan antar negara ASEAN tersebut akan melangsungkan sidang ke 3 Pertemuan Tahunan Negara Asean tentang Konservasi dan pemberantasan kejahatan perdagangan ilegal tumbuhan dan satwa liar.

AKBP Panjaitan mengatakan kepada wartawan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mendiskusikan tentang perkembangan pengendalian, perdagangan dan penegakan hukum terhadap tumbuhan dan satwa liar yang terancam punah (Cites) yang telah disepakati didalam ketentuan konvensi International yang dihadiri oleh para Pejabat teknis Negara – negara ASEAN yang menangani Cites.

“Sementara untuk jumlah peserta yang hadir sebanyak kurang lebih 45 orang. Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Ir. Bambang Dahono Adji, MM, M.Si dan Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan Ir. Istanto, M.Sc menjadi penanggungjawab dalam acara tersebut.” Ujarnya.

AKBP Panjiatan menjelaskan, yang menjadi Ketua Panitia acara tersebut adalah  Ratna Kusuma Sari, S.Hut, M.Sc  yang menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Penerapan Konvensi International.

Lebih lanjut AKBP Panjaitan menjelaskan para peserta terdiri dari beberapa Perwakilan Delegasi  ASEAN antara lain dari negara Filipina 1 orang, Myanmar 1 orang, Malaysia 8 orang, Singapura 3 orang, Laos 2 orang, Vietnam 2 orang, Thailand 19 orang serta dari Delegasi Indonesia sekaligus sekretaris ASEAN sebanyak 2 orang. Ditambah 1 orang dari cites secretariat bernama Ms. Pia Jonsson.

“Kegiatan tersebut berlangsung seharian dan selesai pukul 16.00 Wib. Kegiatan di tutup oleh pimpinan sidang  Ir. ACHMAD PRIBADI MSc.” ujarnya.

Direncanakan pada tanggal 6 April 2017 sesuai dengan jadwal para peserta akan melakukan kunjungan lapangan ke Kisaran dan kembali ke Kuala Namu Medan. Kemudian pada tanggal 7 April 2017 para Delegasi Asean akan kembali pulang kenegara masing masing. Pengamanan sendiri berlangsung dengan lancar dan aman. (Ivo-02)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »