Bertemu Paus, Trump Hadiahkan Buku Martin Luther King

VATIKAN,– IvoryNews.co.id

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menemui Paus Fransiskus di Vatikan hari ini (24/05) dalam sebuah perjumpaan yang sudah lama dinanti, mengingat hubungan keduanya yang kurang mulus selama masa-masa kampanye Pilpres AS.

Donald Trump memberikan hadiah seperangkat buku karya Martin Luter King, tokoh yang kata-katanya dikutip oleh Paus saat berpidato di depan Kongres AS, pada tahun 2015.

Sedangkan Paus Fransiskus menghadiahi Trump medali pohon zaitun karya seniman Roma, yang menurut Paus, adalah lambang perdamaian.

Ketika memberikan buku Martin Luther King, Trump berkata, “Ini hadiah untuk Anda. Saya kira Anda akan menyukainya.”

Sementara saat memberikan medali pohon zaitun, Paus mengungkapkan kepada Trump bahwa medali itu ia tandatangani secara khusus untuk Trump.

Pada awalnya, menurut laporan CNN, pertemuan itu tampak canggung, Paus hanya tersenyum seadanya. Tetapi ketika mereka sudah saling bertukar cinderamata, keakraban mulai tampak dan Paus pun dapat melontarkan canda kepada Melanie Trump, yang turut mendampingi suaminya.

“Kami menjalani pertemuan yang fantastik. Kami sangat, sangat menyukai Italia, sebuah kehormatan dapat bertemu dengan Paus,” kata Trump seusai pertemuan.

Di akhir pertemuan yang berlangsung di ruang studi Paus selama setengah jam, wartawan mendengar Trump berkata kepada Paus, “Saya tidak akan melupakan apa yang Anda katakan.”

Namun, hingga pertemuan berakhir, Trump tidak mau mengungkapkan pesan apa yang disampaikan Paus yang tidak ingin dilupakannya.

Dalam sebuah pernyataan Vatikan hanya berkata bahwa kedua tokoh itu mendiskusikan “upaya memajukan perdamaian di dunia melalui negosiasi politik dan dialog antaragama” serta menyantuni mereka yang membutuhkan dan melindungi orang Kristen di Timur Tengah.

Kepada Melanie Trump, Paus Fransiskus memberi hadiah sebuah rosario. Ia sempat bercanda dengan menanyakan, “Makanan apa yang Anda berikan kepada suami Anda, potizza?” menyebut nama makanan khas Slovenia, negara asal Melanie.

“Potizza,” kata Melanie sambil tersenyum.

Paus juga bertukar canda dengan Ivanka Trump dan suaminya, Jared Kushner…(SH)

 

Mungkin Anda Menyukai

Translate »