Terjebak Salju Longsor, 8 Pelajar Jepang Dikhawatirkan Tewas

Petugas penyelamat saat menyelamatkan para korban (Kyodo/via REUTERS)

Tokyo — IvoryNews.co.id

Sedikitnya 8 siswa sekolah menengah di Jepang dikhawatirkan tewas setelah terjebak salju longsor di resor ski setempat. Puluhan orang lainnya luka-luka dalam insiden yang sama.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Senin (27/3/2017), insiden ini terjadi di kawasan resor ski Nasu Onsen Family Ski Area yang berlokasi di lereng Gunung Nasu, Prefektur Tochigi, sekitar 200 kilometer sebelah utara ibu kota Tokyo. Longsor dilaporkan terjadi pada Senin (27/3) pagi waktu setempat.

Saat longsor terjadi, terdapat 52 siswa sekolah menengah dan 11 guru yang sedang melakukan pendakian. Mereka merupakan bagian dari klub pendaki gunung yang sedang ikut serta dalam acara pendakian di Gunung Nasu.

Kepolisian setempat menerima panggilan darurat soal longsor ini pada pukul 09.20 waktu setempat. Namun dituturkan juru bicara dinas pemadam kebakaran setempat, cuaca buruk sempat membuat tim penyelamat kesulitan menjangkau lokasi longsor.

Media Jepang, Kyodo News, melaporkan lebih dari 30 orang mengalami luka-luka akibat longsor ini. Sedangkan sekitar 32 siswa dan guru telah berhasil turun dari lereng gunung dengan selamat. Namun ada 8 siswa yang dilaporkan tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Otoritas Jepang belum menyatakan korban meninggal dunia, sebelum dokter memberikan pernyataan resmi.

“Kami mengalami insiden longsor satu atau dua kali setahun di daerah ini, tapi tidak pernah sebesar ini,” tutur juru bicara dinas pemadam kebakaran setempat.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe membahas insiden ini dalam rapat parlemen pada Senin (27/3) waktu setempat. “Segala upaya dilakukan untuk mengatasi bencana ini, sementara prioritas utama adalah menyelamatkan korban,” tegas PM Abe. (RED)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »