Marquez dan Miller Satu Suara Kecam Lorenzo

Mugello — IvoryNews.co.id

Marc Marquez dan Jack Miller menganggap Jorge Lorenzo bersikap terlalu keras kepala mengenai ban depan Michelin yang digunakan di MotoGP 2017. Bahkan menurut kedua pembalap tersebut, Lorenzo terkesan mementingkan diri sendiri.

Masalah ban depan Michelin menjadi sorotan sejak MotoGP Argentina. Pada momen itu, MotoGP masih belum memutuskan apakah akan tetap memakai ban depan yang digunakan musim ini atau kembali memakai ban dengan konstruksi yang lebih kaku yang sempat digunakan pada seri terakhir musim lalu di Valencia.

Selepas balapan MotoGP Spanyol di Jerez, para pembalap mendapat kesempatan untuk membandingkan ban depan saat ini dan ban lama. Hasilnya, mayoritas pembalap mengatakan lebih menyukai ban depan lama ketimbang ban depan musim ini karena menjadikan motor lebih stabil.

Setelah melakukan diskusi internal, sebanyak 20 dari 23 pembalap akhirnya menyetujui pergantian ban depan musim ini dengan ban depan dengan konstruksi yang lebih kaku, dimulai pada MotoGP Italia, akhir pekan ini.

Dua dari tiga pebalap yang tak sepakat adalah Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales. Namun, berbeda dengan Vinales yang tak masalah dengan pergantian ban depan, Lorenzo tetap berkeras tak setuju dengan penggunaan ban depan lama.

Marquez pun kesal dengan sikap Lorenzo yang terkesan mementingkan diri sendiri. Menurut Marquez, Lorenzo seharusnya mengikuti suara mayoritas demi pengembangan ban yang lebih baik.

“Kami sudah membicarakan tentang masalah ban depan ini sejak di Argentina. Semua pembalap dan Komisi Keselamatan sepakat jika pebalap yang menyetujui pergantian ban depan jumlahnya kurang dari 60 persen, maka perubahan tak akan dilakukan,” kata Marquez seperti dikutip dari Motorsport-Total.

“Tapi ternyata lebih dari 60 persen pebalap sepakat sehingga kami memutuskan untuk mengganti ban depan musim ini dengan ban lama. Ducati juga telah menguji ban itu di Mugello. Tapi setelah mereka menguji ban tersebut semuanya berubah. Lorenzo malah menekan Michelin untuk menyediakan kedua versi ban,” ujar Marquez.

Marquez Kesal

Marquez pun tak setuju dengan pendapat Lorenzo. “Kami harus membuat keputusan untuk meningkatkan performa ban ini. Mana yang lebih baik, meningkatkan performa ban untuk mayoritas pembalap atau cuma untuk sekelompok pembalap saja?” kata Marquez.

Jack Miller malah berkomentar lebih pedas daripada Marc Marquez. “Opini Jorge Lorenzo sangat memuakkan. Semua orang sama-sama hanya memiliki satu opsi. Dia sangat egois,” kata Miller.

(Artikel asli ditulis Yus Mei Sawitri/Bola.com)


Mungkin Anda Menyukai

Translate »