LPG 3 Kg Langka, Harga Melambung hingga Rp35.000

PAINAN — IvoryNews.co.id
Harga gas LPG 3 kilogram (kg) melambung pada Lebaran 2017 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Bahkan, kenaikan harga LPG mencapai Rp11.000 menjadi Rp35.000 per tabung.
“Biasanya saya membeli gas elpiji tiga kilogram Rp24.000 per tabung ke pedagang eceran, namun hari ini harganya melambung menjadi Rp35.000,” kata Mawarnis (51), ibu rumah tangga di Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, di Painan, Kamis (29/6/2017).
Ia menambahkan, selain harga LPG yang melambung, keberadaannya juga sulit diperoleh sehingga ia harus mendatangi satu per satu pedagang eceran untuk mendapatkannya.
Menurutnya biasanya untuk mendapatkan LPG, ia hanya perlu mendatangi pedagang eceran yang tidak jauh dari rumahnya. Namun, saat ini harus menempuh jarak hampir 9 kilometer untuk mendapatkannya.
Selain di Kecamatan Lengayang, harga gas LPG di Kecamatan Sutera juga melambung dan sulit diperoleh.
Sementara itu, ibu rumah tangga di kecamatan itu, Nur Atika (30) menyebutkan harga gas LPG 3 kilogram di pedagang eceran naik Rp10.000 per tabungnya dari sebelumnya Rp22.000 per tabung.
Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Pesisir Selatan Rosdi menjelaskan, untuk mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga gas LPG 3 kilogram, tiga hari sebelum Lebaran pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak ke beberapa pangkalan di daerah itu.
“Saat itu harga yang diberlakukan masih sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET),” kata dia.
Ia mensinyalir melejitnya harga gas LPG karena permintaannya yang meningkat. Selain itu, kenaikan ini juga disebabkan karena panjangnya rantai pendistribusian dari pangkalan ke pedagang eceran.
“Kami memastikan di pangkalan tidak terjadi kenaikan harga, karena kami terus memantau dan jika diketahui ada pangkalan yang ‘bermain’ akan ditindak tegas,” ujarnya.
Ia menyebutkan, khusus di Kecamatan Sutera HET LPG 3 kilogram hanya mencapai Rp15.900 dan di Kecamatan Lengayang HET sebesar Rp16.100.
Pada kawasan lain, Wali Nagari Sambungo, Kecamatan Silaut yang merupakan wilayah paling ujung di kabupaten setempat, Sutoyo, menginformasikan tidak terjadi kelangkaan gas LPG 3 kilogram di daerah itu, harganya juga masih stabil. (Oke)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »