Walikota Medan Tinjau Uji Coba Operasi Kapal Pembangkit Listrik MVPP

Medan, IvoryNews.co.id

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) HT Erry Nuradi Msi bersama Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi, meninjau dimulainya uji coba operasional Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) di pusat pembangkit listrik PLN Sicanang, Belawan, Minggu (4/5) sore.

 

Kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan dari Turki ini sebelum diuji coba pengoperasianya, dilakukan terlebih dahulu tahapan – tahapan sinkronisasi. Langkah ini diawali dengan penyalaan mesin secara perdana oleh Gubsu dan Walikota Medan, bersama Direktur PLN Regional Sumatera Amir Rosidin.

 

Tahapan Sinkronisasi ini sesuai dengan jadwal perencanaan yang telah ditargetkan PT PLN, MVPP dapat sinkron dengan sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan  direncanakan Commercial Operation Date (COD) pada 9 Juni 2017 mendatang. Artinya MVPP yang akan mengalirkan daya 240 MW ini merupakan salah satu bagian proyek 35.000 MW guna meningkatkan pasokan listrik untuk kebutuhan daya pada sistem kelistrikan di wilayah Sumbagut termasuk Kota Medan.

 

Gubsu T Erry menjelaskan, saat ini pembangkit listrik di sejumlah lokasi seperti di Sarulla, Pangkalan Susu serta pembangkit mini juga sedang dalam tahap pembangunan sebelum beroperasi. Diharapkannya dalam waktu tiga tahun mendatang, pasokan listrik dari pembangkit yang ada nantinya, akan cukup menjamin kebutuhan listrik bagi Sumatera Utara.

 

“Secara bertahap, Sumatera Utara terus berbenah dan semakin maju. Dengan kehadiran Kapal Pembangkit Listrik MVPP dari Turki ini kita optimis masalah listrik di Sumut selama 30 tahun ini bisa teratasi,” ujar Gubernur Sumut.

 

Gubsu berharap pada peresmian penggunaan Kapal MVPP nantinya dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo dalam beberapa waktu mendatang. Termasuk meresmikan penggunaan jalan tol yang pada momentum arus mudik nantinya akan bisa dilewati sebagai proses uji coba sebelum digunakan resmi dan berbayar.

 

Direktur PLN Regional Sumatera Amir Rosidin dalam sambutan singkatnya mengapresiasi sekaligus berterimakasih atas perhatian yang besar dari Gubernur terhadap kondisi kelistrikan di Sumut. Pihaknya berharap dengan kemajuan yang ada sekarang ini, akan mampu menyelesaikan persoalan byarpet yang selama ini menjadi masalah di masyarakat.

 

“kapal pembangkit listrik yang disewa PLN selama 5 tahun ini memiliki beberapa kelebihan lain, mulai dari tidak membutuhkan lahan untuk membangun, mobilitas relokasi cepat, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar, konsumsi bahan bakar lebih hemat, tingkat produksi limbah relatif rendah, dan pengaruh kebisingan terhadap masyarakat relatif lebih rendah”, jelasnya.

 

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi menyambut baik dioperasikannya Kapal Pembangkit Listrik MVPP dari Turki ini. Dia berharap Kapal MVPP ini memasok kebutuhan listrik di Sumut khususnya Kota Medan yang saat ini dirasa masih sangat minim.

 

“Saya berharap Pengoperasian Kapal pembangkit Listrik MVPP ini dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi warga Kota Medan, artinya kekurangan pasokan listrik yang selama ini terjadi dapat teratasi, kata Walikota usai meninjau Kapal pembangkit listrik sekaligus buka puasa bersama.

 

Hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Anggota DPD RI Asal Sumut Parlindungan Purba, Pimpinan SKPD lingkungan Pemprovsu dan Pimpinan SKPD Kota Medan, pihak pengelola Kapal Pembangkit MVPP dari Turki serta para alim ulama.

 

 

Sumber :Dinas Kominfo Kota Medan

Mungkin Anda Menyukai

Translate »