Rusuh Gara-gara Napi Marah…. Protes Pungli , di LP Narkotika Palembang

PALEMBANG , — IvoryNews.co.id
Kerusuhan terjadi di Lapas Narkotika Kelas III   Kabupaten Banyuasin , Palembang, Sumatera Selatan. Penghuni lapas memecahkan kaca sebagai tanda protes tindakan pungutan liar (pungli) oleh sipir.

Dari pantauan dilokasi, kaca ruangan dan fasilitas yang ada di dalam lapas yang dihuni seluruh tahanan narkotika ini hancur. Seluruh kaca bangunan dilempari batu oleh penghuni lapas karena emosi terhadap Sofuan, yang merupakan kepala regu keamanan lapas, karena kerap meminta uang dan rokok.

“Kejadian ini mulai dari pukul 09.00 WIB, di mana tahanan ini marah karena ada petugas keamanan (sipir) yang menjabat sebagai kepala regu selalu minta uang dan rokok tiap kali bertugas”.

“Jadi tahanan rusuh dan melempari jendela dengan batu,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Zulkifli Bustoni, dilansir dari detikcom, Kamis (6/7/2017).

Penghuni lapas yang berjumlah 663 orang dan berkapasitas 484 orang ini berteriak menolak adanya pungutan liar oleh petugas lapas. Selain itu, masalah air turut menjadi faktor terjadinya kerusuhan di lapas  ini.

Saat ini, puluhan personel anggota dari Polres Banyuasin dan Mapolda Sumsel beserta personel TNI terlihat masih melakukan pengamanan. Situasi sudah kondusif…. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »