Tesla Mulai Produksi Mobil Listrik Termurah Model 3

California, — punyaberita.com
Tesla Motors akan memperkenalkan mobil listrik terbarunya yang diberi nama Model 3 di Studio Desain Tesla di Hawthrone, California, Amerika Serikat, pada 31 Maret 2016. Berbeda dengan model lainnya, Model 3 diposisikan di segmen menengah dengan banderol relatif murah.
Alasannya, pendiri Tesla, Elon Musk, ingin mobil listrik bisa masuk ke semua segmen. Sehingga, mobil zero emission itu tidak selalu identik dengan premium atau mewah.
Model 3 sendiri akan dibanderol di kisaran harga USD35 ribu atau Rp466,7 juta. Jumlah itu tidak sampai setengah dari harga Model S yang mencapai Rp1 miliar lebih.
Dengan begitu, Model 3 diharapkan dapat mendongkrak penjualan Tesla Motors. Saat ini, Tesla hanya menjual 50 ribu unit mobil per tahun. Dengan kehadiran Model 3, penjulannya diharapkan bisa mencapai 500 ribu unit per tahun pada 2020.
Namun, belum tentu Model 3 akan serta merta diminati pasar. Tesla akan menghadapi banyak tantangan memasarkan mobil listrik terbarunya itu. Pasalnya, penjualan mobil listrik saat ini cenderung stagnan akibat anjloknya harga minyak dunia. Orang lebih memilih mobil bermesin konvensional dengan tenaga besar. Mereka tidak khawatir dengan harga bahan bakar.
Namun, para pengamat automotif menilai langkah Tesla dengan meluncurkan Model 3 merupakan keputusan yang tepat. Tesla membutuhkan mobil listrik dengan banderol murah untuk bisa bersaing. Tidak hanya bersaing dengan mobil bermesin konvensional, namun juga dengan produsen lain yang juga menjual mobil listrik murah.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »