Terbongkar, Koptam Desa Perbangunan Kec Sei Kepayang Asahan Ada 2 Versi Dan Lagi Ribut !!!

Perbaungan, — punyaberita.com
Kepengurusan koperasi Tani Mandiri dalam pengelola Hutan Tanaman Rakyat (HTR) di Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, Ketua Koperasi Tani Mandiri versi RAT Luar Biasa pada 21 Juni 2014 di Desa Sei Lama Asahan, Hisar Panjaitan menuding kepengurusan ketua Koperasi HM Wahyudi versi RAT 25 September 2014 di Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan tidak sah.
Pasalnya, kegiatan RAT tersebut tidak memenuhi pasal-pasal yang tertera dalam akta pendirian koperasi No 9 tanggal 15 September 2011.

“Kepengurusan diketuai HM Wahyudi tidak sah karena kegiatan RAT yang dilaksanakannya tidak memenuhi aturan dalam akta pendirian koperasi,” kata Hisar Panjaitan ketika mendapat kesempatan untuk menyampaikan perihal ini dalam RDP.

Dikatakannya, dalam RAT tersebut banyak penyimpangan yang dilakukan mulai dari peserta RAT, keanggotaan sampai pada ketua terpilih HM Wahyudi yang identitasnya tidak tercantum dalam susunan keanggotaan koperasi pada waktu itu.

“Ketua terpilih saat itu bukan dari anggota koperasi sesuai akta pendirian di notaris,” ucapnya.

Karena itu, lanjutnya, pihaknya sudah menempuh jalur hukum untuk menentukan kepengurusan koperasi yang sah, dan sekarang ini masih dalam proses Kasasi di MA.

“Kita sudah tempuh jalur hukum, saat ini masih menunggu proses Kasasi di MA,” katanya sesuai surat permohonan kasasi tertanggal 13 Desember 2016 dan 8 Mei 2017 tambahan memori Kasasi Perkara Perdata No  21/Pdt.G/2015/PN Tjb yang ditujukan ke MA.

Pihaknya juga telah melayangkan surat kepada Dinas Koperasi Asahan untuk tidak memfasilitasi/melegalisir/ pensahan RAT koperasi yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, dan juga akan menyurati Kapolres Asahan untuk menghentikan semua kegiatan koperasi sebelum adanya putusan hukum yang tetap.

Dualisme kepengurusan Koperasi Tani Mandiri sebagai pengelola Hutan Tanaman Rakyat (HTR) telah terjadi cukup lama dan saat ini masih dalam proses Kasasi di MA untuk menentukan kepengurusan yang sah.

Di lokasi HTR di Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, aktivitas koperasi tetap dilakukan pengurus versi HM Wahyudi meskipun belum ada putusan hukum tetap tentang kepengurusan yang sah.
Bahkan aktifitas mereka menimbulkan konflik yang berkepanjangan dengan masyarakat tani.

Perihal ini diaminkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Asahan yang diwakili kehadirannya oleh Kabid Koperasi Zainab SH dan juru bicara, Kasi kelembagaan koperasi kab. Asahan Hermansya.

“Dinas Koperasi Kab. Asahan tidak memihak kepada kelompok dan atau pihak manapun yang berkonflik dan berseteru. Semua konflik, kita serahkan kepada keputusan hukum yang menjadi panglima dalam menyelesaikan kasus-kasus ini.” disampaikan oleh juru bicara Kasi kelembagaan koperasi kab. Asahan Hermansyah dalam RDP.

Selanjutnya, memgenai konflik masyarakat tani dengan Koptan Mandiri, Hermansyah mengharapkan semua pihak dapat menyelesaikannya secara bijak.

Hermansyah juga mengharapkan DPRD Sumut Komisi B dapat segera membantu menyelesaikan masalah ini yg sudah lama berlarut, agar tidak semakin memburuk sampai menimbulkan korban fatal.

“Kami merekomendasikan kepada kedua kubu Koptan Mandiri yang sedang berseteru atas legal standing kepengurusan di Pengadilan, agar tidak menggunakan nama Koperasi Tani Mandiri untuk kegiatan apapun, sebelum ada keputusan hukum tetap yang mengikat dari Kasasi di Mahkamah Agung.

Kita sama-sama saksikan sendiri kubu Hisar Panjaitan dengan Wahyudi sedang saling gugat di Pengadilan; namun kubu Wahyudi tetap melakukan aktifitas atas nama Koptan Mandiri, sampai berkonflik dengan masyarakat tani.
Jadi, itulah menurut kami rekomendasi terbaik yang kami sarankan.” demikian Hermansyah menyampaikan kepada wartawan dalam sersi wawancara setelah RDP.

Ketua Komisi B DPRD Sumut menutup RDP dan menyampaikan akan segera melakukan rapat untuk permasalahan ini dan melakukan kunjungan kerja melihat dan menyelidiki dan selanjutnya akan mengeluarkan surat rekomendasi penyelesaian permasalahan ini. tegasnya. (Jol)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »