Medan, — IvoryNews.co.id
Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, meninjau pengorekan parit besar di jalan Inpeksi, perbatasan antara Kecamatan Medan Timur dengan Kacamatan Medan Deli, sepanjang lebih kurang 1,5 Km di Kelurahan Pulau Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur yang berbatasan dengan Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Selasa (11/7/2017).
Wakil Wali Kota berharap dengan dilakukannya pengorekan parit banjir kanal ini dapat menampung kelancaran debit air menuju pembuangan parit busuk cemara.
Orang nomor 2 pemimpin kota Medan ini berharap kepada masyarakat sekitar dapat menjaga kebersihan drainase tersebut agar tetap terjaga kebersihannya dan tidak dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.
Camat Medan Timur, Parulian Pasaribu mengatakan, akhir-akhir ini selalu turun hujan, drinase banjir kanal ini selalu meluap. “Untuk itu, kita lakukan pengorekan seluruh sampah dan lumpur  sebagai antisipasi tidak meluapnya kembali drainase banjir kanal tersebut,” katanya.
Pengorekan parit ini dilakukan secara manual dengan diturunkan Tim Buser dari Kecamatan Medan Timur dan Tim Buser Kecamatan Medan Deli yang berjumlah 40 orang.
Mereka langsung masuk ke dalam parit, sekaligus mengangkut sampah – sampah dan lumpur yang berada didalam parit. Kemudian diangkut langsung dengan mobil sampah kecamatan untuk dibuang.
“Selain pengorekan drainase banjir kanal, juga dilakukan pengorekan drainase yang berada sepanjang Jalan Karatau, namun sangat sulit dilakukan oleh petugas karena banyak yang tertutup drainasenya,” sebutnya.
Pengorekan drainase banjir kanal ini akan dilanjutkan pada Selasa, 17 Juli 2017 yang dimulai dari Metal Timur menuju parit busuk cemara.
Diharapkan dilakukannya pengorekan ini agar tidak mengalami penyumbatam sampai akhir pembuangan menuju parit busuk cemara. Pengorekan drainase ini akan melibatkan ratusan personil yang ditambah dari Bina Marga Kota Medan, kata Subroto, selaku Kabid Drainase…(HN)