Ustad Gustami: Perkokoh Kerukunan Umat Beragama

punyaberita.com,(Sumut) –  Banyak upaya yang ingin memecah kesatuan dan persatuan bangsa oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan isu agama. Itu dilakukan melalui media sosial baik itu dalam bentuk opini, berita hoax maupun tulisan yang mengandung kebencian.

Ketua Pengurus Daerah Alwasliyah Kota Tanjung Balai, Ustad Gustami Anmar mengatakan, Kota Tanjung Balai salah satu barometer kerukunan umat beragama di Sumatera Utara, pasca kerusuhan 29 Juli 2016, yang berujung pembakaran beberapa rumah ibadah, vihara.

“Kita harap jangan terulang lagi. Saat ini kita rasakan situasi toleransi dan kerukunan beragama di Kota Tanjung Balai dalam kondusif, namun untuk memperkokohnya perlu peran serta Pemerintah. Melakukan pembinaan kerukunan umat beragama,” katanya, Rabu (26/7).

Banyak cara memperkokoh kerukunan umat beragama, dimulai dengan merangkul seluruh pemuka agama ataupun dengan melakukan kegiatan seperti, silahturahmi, anjangsana, olah raga bersama.

Kegiatan lain yang dapat meningkatkan nilai kebersamaan dalam keberagaman dengan harapan Kota Tanjung Balai tercipta kerukunan beragama dengan toleransi yang tinggi, termasuk kegiatan pendidikan Pancasila.

“Ini harus diberikan kepada tokoh Agama, Ormas dan generasi muda yang mengambil peran, tapi bukan sebatas formalitas, tapi dapat diimplementasikan di tengah masyarakat. Tidak kalah penting juga, diperlukan sinergitas komunikasi sesama tokoh,” ujarnya.

Dalam rangka memperkokoh kerukunan umat beragama, Ustad  Gustami Anmar menegaskan, harus dilakukan dengan melibatkan semua elemen baik Pemerintah maupun masyarakat. “Oleh karena itu, kedepan sinergitas lintas agama dapat terjalin lebih baik dalam menangkal isu perpecahan,” pungkasnya.

Sumber : analisadaily

Mungkin Anda Menyukai

Translate »