Israel Juga Bongkar Kamera CCTV di Kawasan Masjid Al-Aqsa

punyaberita.com –  Setelah menuai protes, otoritas Israel juga mulai membongkar kamera CCTV yang sempat dipasang di pintu masuk menuju kawasan Haram al-Sharif di Yerusalem. Ini dilakukan setelah Israel membongkar detektor logam di kawasan sensitif tersebut.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, Kamis (27/7/2017), kamera-kamera CCTV yang baru dipasang beberapa hari lalu, juga telah dibongkar dari setidaknya satu pintu utama menuju Haram al-Sharif pada Kamis pagi waktu setempat. Di kawasan Haram al-Sharif yang oleh kaum Yahudi dikenal sebagai Temple Mount, terdapat Masjid Al-Aqsa dan Dome of the Rock.

Sebelumnya kawasan tersebut dilanda aksi-aksi protes warga Palestina yang keberatan atas langkah-langkah keamanan yang dilakukan Israel, termasuk pemasangan detektor logam dan kamera CCTV. Bahkan aksi-aksi protes tersebut telah menelan korban jiwa.

Atas perkembangan terbaru di Yerusalem ini, warga Palestina menyambutnya dengan gembira. Mereka berkumpul untuk merayakan apa yang mereka sebut sebagai ‘kemenangan’ ini.

“Selama 12 hari tak ada yang bisa tidur, tak ada yang bisa melakukan apapun kecuali memprotes langkah Israel terhadap Masjid Al-Aqsa,” ujar seorang warga Palestina yang merayakan pencabutan kamera CCTV tersebut. Warga Palestina lainnya ramai-ramai membunyikan klakson mobil mereka dan menghidupkan kembang api.

Otoritas Israel mulai memasang detektor logam setelah serangan penembakan yang menewaskan 2 polisi Israel pada 14 Juli lalu. Menurut otoritas Israel, detektor logam tersebut diperlukan karena para pelaku penembakan tersebut menyelundupkan senjata ke lokasi sebelum menembaki polisi-polisi itu.

Namun otoritas dan rakyat Palestina menentang keras pemasangan detektor logam, yang mereka anggap sebagai upaya Israel untuk semakin menguasai kota suci Yerusalem.

Sumber : detik.com

Mungkin Anda Menyukai

Translate »