Duuh! Putin Usir 755 Diplomat AS dari Rusia, Kenapa Ya??

punyaberita.com –  Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengeluarkan perintah untuk 755 diplomat asal Amerika Serikat (AS) agar “angkat kaki” dari Moskow. Perintah pengusiran ini merupakan respon sanksi baru yang dijatuhkan AS kepada Rusia.

Langkah ini sebenarnya sudah sempat digaungkan ketika Rusia mengeluarkan ancaman pada pekan lalu yang menyerukan pengurangan jumlah diplomat AS di Moskow. Sebagaimana dikutip ITV, Senin (31/7/2017) Putin menegaskan, ratusan diplomat Negeri Paman Sam itu akan resmi diusir pada 1 September 2017.

Putin mengatakan bahwa kesabaran Rusia menunggu hubungan dengan AS membaik sudah mulai habis. “Kami menunggu beberapa lama bahwa mungkin ada sesuatu yang akan berubah menjadi lebih baik, berharap bahwa situasinya akan berubah, tapi jika dilihat dari segaranya, jika berubah, hal itu tidak akan segera terjadi,” ujar sang Presiden Rusia.

Putin bahkan menambahkan, ia tidak berharap akan adanya perubahan hubungan AS-Rusia dalam waktu dekat. Isu membaiknya hubungan kedua negara itu sebenarnya semakin kuat setelah Presiden AS, Donald Trump, bertemu untuk pertama kalinya dengan Putin di KTT G20.

Namun harapan itu semakin menjauh ketika Kongres AS setuju untuk menjatuhkan sanksi baru yang menargetkan Putin serta orang-orang terdekatnya. Sanksi baru itu dijatuhkan untuk menghukum Rusia yang dituding ikut terlibat dalam peretasan pemilihan Presiden AS 2016.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »