Duuh! Dituding Berniat Makar, Otoritas Vietnam Ciduk 4 Orang

punyaberita.com – Otoritas Vietnam dilaporkan menangkap empat orang yang dituding berniat melakukan makar. Media asing mewartakan penangkapan ini menjadi bagian usaha Pemerintah Vietnam untuk membabat pihak-pihak yang menyuarakan kritikan/

Sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa (1/8/2017) Pham Van Troi, Nguyen Bac Truyen, Truong Minh Duc (penulis), dan Pendeta Protestan Nguyen Trung Ton ditangkap oleh pihak keamanan dua hari yang lalu dari rumah mereka masing-masing. Kabar penangkapan ini dibenarkan oleh istri keempat orang tersebut.

Keempatnya tenyata sebelumnya pernah mendekam dipenjara karena dakwaan melawan negara. Namun dengan tudingan baru ini, keempat warga Vietnam itu terancam hukuman yang lebih berat bahkan dapat dijatuhi hukuman mati.

Kabar penangkapan ini juga dibenarkan oleh Kementerian Keamanan Publik Vietnam melalui lamannya. Kementerian itu menyatakan bahwa keempatnya ditangkap sesuai dengan pasal 79 di hukum pidana terkait usaha menggulingkan pemerintahan rakyat.

“Suami saya memerang ketidakadilan sosial dan invasi China di Laut Timur (sebutan Laut China Selatan di Vietnam. Ia tidak mencoba menggulingkan pemerintah,” ujar istri Pham Van Troi, Nguyen Thi Huyen Trang.

Pernyataan yang serupa juga disampaikan oleh istri Nguyen Trung Ton, Nguyen Thi Lanh. “Menyuarakan dukungan untuk rakyat tidak bisa disebut sebagai usaha penggulingan pemerintah. Ia menambahkan bahwa ketika Nguyen Trung Ton ditangkap, suaminya itu baru saja sembuh dari penyerangan polisi berpakaian preman saat ditangkap.

AFP mewartakan, penangkapan ini disinyalir memiliki hubungan dengan sengketa Laut China Selatan. Pasalnya, Vietnam sangat sensitif dengan kritikan terkait bagaimana negara tersebut menangani isu tersebut.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »