Toleransi Moderat Kesenyapan Kabin dan Atap Panoramik CR-V Turbo

punyaberita.com – 

Honda Prospect Motor (HPM) memperkuat CR-V terbaru dengan desain yang kontemporer, tentunya tanpa meninggalkan aura maskulin khas SUV.

Ragam ubahan terjadi pada eksterior dan membuat CR-V Turbo tak sekedar mewah tapi juga memberi kesan modern. Aura tersebut muncul dari tampilan terbaru pada lampu depan belakang, gril, lampu kabut, bemper depan belakang, dan juga atap. Bicara desain memang kembali kepada penilaian individu masing-masing dan bersifat relatif.

Nah, di balik keragaman ubahan tersebut, awak redaksi punya sedikit penilaian terhadap adanya atap panoramik.

Struktur atap

Biasanya beberapa mobil yang menggunakan atap panoramik kerap berefek pada tingkat kekedapan kabin yang cenderung berisik. Terlebih saat hujan.

Penurunan performa kesenyapan kabin tersebut – dibanding atap keras (normal) – biasanya muncul akibat perbedaan lapisan. Atap keras dengan model solid, di bagian dalamnya dilapisi plafon dengan bahan lebih tebal. Alhasil tentunya lebih kedap.

Sedangkan model panoramik, di bagian atap ada spasi lis pinggir kaca. Sementara beberapa model di bagian dalam tidak dilapisi plafon solid. Biasanya hanya kain penutup sebagai pemendar cahaya matahari ke kabin.

Nah, kedua faktor tersebut yang membuat kabin relatif kurang senyap.

Atap panoramik Honda CR-V Turbo
Atap panoramik Honda CR-V Turbo(dok kompasotomotif)

Pelapis atap

Kondisi tersebut bagi beberapa produsen mobil dijadikan catatan. Alhasil beberapa model – terutama premium – sudah diakali dengan sistem pelapis plafon dalam yang lebih ciamik.

Penutup yang sebelumnya hanya kain tipis peredam panas, kini diubah agak lebih tebal menyerupai fungsi awal plafon mobil. Begitu pula sistem penutup atap panoramik yang dimiliki CR-V Turbo. Bahkan untuk pengoperasiannya dibuat terpisah antara atap panoramik dan sun roof.

Hujan

Meski penilaiannya tidak absolut (menggunakan dB meter) namun apa yang dirasakan saat berada di kabin relatif senyap. Kebetulan awak redaksi juga merasakan pada kondisi hujan deras, saat test drive di kawasan Bromo, (20/1/2017).

Saat plafon pelapis dalam kondisi tertutup, suara rintik hujan bisa diredam dengan baik, dibanding model atau merek lain yang hanya menggunakan kain penutup. Kendati peredaman tidak sempurna jika dikomparasi dengan model atap solid.

Namun jika penutup dilepas, suara rintik hujan terdengar cukup berisik.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »