Mengintip pertumbuhan apartemen di Jakarta

puyaberita.com – Ibu kota jakarta memang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian besar orang. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya penduduk di Jakarta setiap tahunnya. Yang tentu saja berpengaruh pada sempitnya lahan hunian yang tersedia. Kondisi ini membuat para pengembang properti memilih membangun hunian tipe vertikal sebagai solusi sekaligus alternatif dari permasalahan tersebut.

Pertumbuhan apartemen di Jakarta juga semakin meningkat, karena sangat diminati masyarakat urban. Tercatat pada kuartal III tahun 2016 kontribusi dan pertumbuhan apartemen di kawasan Jakarta mencatat angka 3.317 unit. Peningkatan ini dipengaruhi oleh letak apartemen yang sengaja dibangun dengan berbagai fasilitas pendukung dan lokasinya yang dekat dengan daerah perkantoran.

Apartemen di Jakarta terbagi ke dalam beberapa kelas, yaitu premium dan segmen menengah. Untuk kelas premium paling banyak ditemui di area CBD (Central Business District) seperti Sudirman dan Thamrin. Lokasinya strategis dan dukungan fasilitas yang mewah, membuat apartemen yang berada di area tersebut menjadi incaran para ekspatriat.

Pilihan lainnya adalah apartemen kelas menengah dengan harga terjangkau. Tentu saja fasilitas yang dimiliki berbeda dengan apartemen mewah. Begitu juga dengan persoalan yang timbul juga berbeda.

Karena semakin sempitnya lahan hunian dan harga yang semakin mahal juga, memiliki apartemen di daerah pinggiran Jakarta pun kini tidak menjadi masalah. Pasalnya, kini ada banyak akses yang memudahkan seperti adanya jalan tol, commuter line, jalan layang, TransJakarta, bus angkutan dalam kota hingga segera dibangunnya LRT (Light Rail Transit).

Kemudahan akses inilah yang juga diberikan oleh Lippo Group yang sedang dalam proses pembangunan kota baru bernama Meikarta. Terletak di Cikarang, Jawa Barat, Meikarta adalah sebuah kota mandiri dengan beragam fasilitas di dalamnya.

Fasilitas utama yang ditawarkan adalah taman kota bernama Central Park yang memiliki luas 100 ha. Di dalamnya akan ada kebun binatang, jogging track hingga danau seluas 25 hektar. Selain apartemen, Lippo juga akan membangun pusat bisnis seperti gedung perkantoran hingga financial center. Bahkan akan dibangun juga pusat pengembangan teknologi informasi, seperti Silicon Valley di Amerika Serikat.

Selain itu akan ada sekolah, universitas kelas Internasional, perpustakaan umum serta pusat penelitian dan riset serta pusat kebudayaan dan olahraga.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »