Ratusan Rumah di Langkat Rusak Akibat Angin Puting Beliung

punyaberita.com – Hujan lebat disertai angin kencang malam tadi melanda Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Akibatnya, ratusan rumah di dua desa di Kecamatan Salapian rusak.

Ratusan rumah yang rusak tersebut tepatnya berada di Desa Naman Jahe dan Desa Minta Kasih, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat.
Total rumah yang rusak diterpa angin puting beliung ini sebanyak 140 rumah, dengan rincian di Desa Naman Jahe, jumlah rumah yang rusak sebanyak 20 rumah. Sedangkan di Desa Minta Kasih jumlah rumah yang rusak sebanyak 120 rumah.
Dari jumlah tersebut, 7 rumah dinyatakan rusak parah, dengan seluruh atap rumah diterbangkan angin, satu rumah rata dengan tanah akibat tertimpa pohon yang tumbang. Dan sisanya rusak ringan.
Menurut Harapen Kembaren, salah seorang warga yang juga menjadi korban angin puting beliung, angin yang begitu kencang datang selama 10 menit dan menerbangkan bagian rumah mereka. “Awalnya hujan lebat pas jam 8 malam itu, tiba-tiba angin datang kencang kali, adalah sepuluh menitan, itu lah baru berterbangan seng kami,” ujarnya, Jumat (25/08/2017).
“Karena angin sama hujannya begitu kencang, kami gak berani keluar juga lah, bertahan ajalah, berlindung di rumah sampai hujan reda,” sambung Harapen.
Camat Salapian, Sinar Sembiring, mengatakan bahwa pada bencana alam ini tidak ada korban jiwa, dan untuk korban, pihak kecamatan akan mengajukan permohonan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Langkat.
“Kita sudah melakukan pendataan terhadap rumah yang rusak, dan untuk korban jiwa dalam peristiwa ini tidak ada. Selanjutnya, nanti kami dari kecamatan akan meminta bantuan baik berupa barang atau uang kepada Pemerintah Kabupaten Langkat,” ungkapnya.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »