Jika rusak, bagian belakang iPhone 8/iPhone X akan lebih mahal dari layar

punyaberita.com – iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X mengusung perbedaan desain mencolok dengan generasi iPhone sebelumnya dengan mengusung bodi bagian belakang menggunakan kaca.

Tentu hal ini membuat semua perangkat iPhone terbaru mengusung kaca di kedua bagian perangkatnya. Namun uniknya, jika rusak, garansi Apple akan mengenakan biaya lebih mahal jika yang pecah bagian belakang.

Melansir The Verge dan AppleInsider, Apple menyediakan layanan reparasi untuk kerusakan bagian belakang iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masing-masing 349 dollar dan 399 dollar. Angka ini sedikit lebih murah jika Anda di awal telah membayar layanan AppleCare+, dengan hanya membayar 129 dollar untuk iPhone 8 dan 149 dollar untuk iPhone 8 Plus.

Uniknya, jika layar iPhone 8 atau 8 Plus Anda rusak, harga layanan penggantian yang disediakan Apple hanya 29 Dollar saja.

Perlu diingat, harga-harga ini merupakan gambaran semata, di mana layanan hanya akan kita dapat di negara-negara yang terdapat Apple Store. Indonesia tidak ada, dan paling dekat adalah Singapura.

Harga dari kerusakan perangkat iPhone X masih belum tersedia. Namun diperkirakan harga kerusakan bagian belakang kacanya akan juga mahal. Meski demikian, kerusakan layarnya mungkin juga akan mahal karena minimnya stok layar OLED.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Jawabannya mudah, hal ini dikarenakan teknologi pengisian daya nirkabel yang memang berada di bagian belakang perangkat. Keputusan Apple untuk mengganti bodi metal dengan kaca semata-mata untuk mengakomodir hal ini.

Mahalnya biaya penggantian jika bagian ini rusak ternyata wajar, karena berdasarkan video iFixit yang membongkar iPhone 8 hingga ke bagian belakangnya, menyatakan bahwa untuk menggantinya ternyata sangat sulit. Hal ini dikarenakan kumparan wireless charging terpasang pada sebuah panel yang dilem kencang ke bagian belakang. Untuk membukanya saja, membuat pelat bagian belakangnya bengkok.

Tentu hal inilah yang membuatnya mahal. Jika bagian belakang pecah, Anda otomatis harus membeli secara keseluruhan aspek di bagian belakang, termasuk plat dan kumparan pengecasan nirkabel.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »